06 April 2010

Letusan Gunung Krakatau tahun 1833


SEKEDAR INFO...
Gunung Krakatau atau Krakatoa (dalam bahasa inggris) meledak pada tanggal 27 Agustus 1883. Suara letusan dari Gunung Krakatau terdengar sampai 4.600 km dari pusat letusan dan bahkan dapat didengar oleh 1/8 penduduk bumi saat itu.

Ledakan Krakatau telah melemparkan bebatuan dan abu vulkanik, semburan debu vulkanisnya mencapai 80 km. Bebatuan yang berhamburan ke udara itu jatuh di dataran pulau Jawa dan Sumatera bahkan sampai ke Sri Lanka, India, Pakistan, Australia dan Selandia Baru.

Letusan itu telah menghancurkan gunung-gunung yang berada di sekitar Gunung Krakatau tersebut.

Jumlah korban yang tewas yang diperkirakan berjumlah 36.000 orang yang berasal dari 295 kampung kawasan pantai mulai dari Merak hingga Cilamaya di Karawang, pantai barat Banten hingga Tanjung Layar (Ujung Kulon serta Sumatera Bagian selatan). Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global, dunia sempat gelap selama 2 hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer bumi; bahkan debu vulkanis pun tampak di langit Norwegia sampai ke New York. Gelombang Tsunami yang ditimbulkan juga menghantam hingga ke pantai Hawai, pantai barat Amerika Tengah, dan Semenanjung Arab yang jauhnya 7000 km.

Para ahli memperkirakan bahwa pada jaman purba dahulu kala terdapat Gunung Krakatau Purba yang letusannya merupakan cikal bakal terbentuknya Gunung Krakatau yang meletus tahun 1833.

Catatan mengenai letusan Krakatau Purba yang diambil dari sebuah tulisan Jawa Kuno yang diperkirakan berasal dari tahun 416 Masehi. Isinya antara lain menyatakan:
Ada suara guntur yang menggelegar berasal dari Gunung Batuwara. Ada pula goncangan bumi yang menakutkan, kegelapan total, petir dan kilat. Kemudian datanglah badai angin dan hujan yang mengerikan dan seluruh badai menggelapkan seluruh dunia. Sebuah banjir besar datang dari Gunung Batuwara dan mengalir ke timur menuju Gunung Kamula.... Ketika air menenggelamkannya, pulau Jawa terpisah menjadi dua, menciptakan pulau Sumatera

Dari sanalah terbentuknya Gunung Krakatau yang akhirnya meledak pada tahun 1833 yang pada akhirnya pun membentuk Gunung Anak Krakatau saat ini.





-Gambar Gunung Anak Krakatau-









Bagaimana kalau ledakan Gunung Krakatau tahun 1833 terjadinya saat ini ya???


:galit:

Image and video hosting by TinyPic
5 Arya Adikristya: Letusan Gunung Krakatau tahun 1833 SEKEDAR INFO... Gunung Krakatau atau Krakatoa (dalam bahasa inggris) meledak pada tanggal 27 Agustus 1883. Suara letusan dari Gunung Krakat...

13 comments:

  1. Wew.. Astaga.. Ngeri ya?? sampe 1/8 penduduk dunia denger... Segala macemnya kelempar sampe kemana" gituu.. astagaaa... >_<
    klo kejadian skg ya mokad semua dehh.. T^T
    ngeri"...

    ReplyDelete
  2. hahaahhhahahha...itulah Gunung Krakatau...bisa memecah pulau Jawa jadi 2...terbentuklah Sumatera... :D
    Thx buat komennya...

    ReplyDelete
  3. wah , dahsyatnya....moga ga kejadian lagi deh, jadi takut, hehe

    ReplyDelete
  4. ehehheheehe...yah, berharap ajalah biar anak krakatau meletus tapi gak separah ibuknya...
    Thx buat komennya.... ^^

    ReplyDelete
  5. Ya, aku pernah baca ini di koran beberapa tahun yang lalu. Baca aja bikin ketakutan, apalagi yang ngerasain.

    Bahkan di Jepang, matahari tampak berwarna kehijauan karna abu vulkanisnya. Ya, semoga aja gak akan ada gunung cucu krakatau ya.

    ReplyDelete
  6. yah, itu namanya gunung krakatau berkembang biak terus tuh...
    hahhahahaha... :D

    ReplyDelete
  7. Tulisan yang bagus Ya, terus kembangkan menulismu nak.

    ReplyDelete
  8. hahaha...
    iya juga ya, tapi gunung krakatau berarti anak yatim. Lahir tanpa Ayah.
    hehe... :D

    ReplyDelete
  9. @Riz: yah,,,terus yang tanggung jawab siapa nih?
    gunung bromo???
    ahhahahaahha.... :D

    ReplyDelete
  10. anaknya yg ini udah jinak
    tapi jinak jinak merpati=))=))

    ReplyDelete
  11. @adris: yah sama aja kalo jinaknya...jinak merpati... :D
    ahahahhahahayyy...
    thx buat komennya kawan! ^^

    ReplyDelete
  12. begitu dahsyat ya.... udeh umur brp th tuh anaknya krakatau si rakata? sejak ditinggal induknya th 1833..

    ReplyDelete

Thanks for your lovely comment!

< >